Perkuliahan ini digunakan untuk menemukan, menalaah, dan membahas pokok-pokok mengenai konsep-konsep sastra. Pokok bahasannya meliputi: pengertian dan hakikat sastra anak, fungsi dan manfaat sastra anak, ciri-ciri dan genre sastra anak, tingkat apresiasi sastra anak, pembelajaran apresiasi sastra anak, pemilihan bacaan sastra, penilaian sastra anak, tempat pemerolehan sastra anak, sastra anak di usia awal, sastra tradisional, cerita fiksi anak, puisi anak, bacaan non fiksi anak, komik sastra anak. Di samping itu, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan memilih dan menyusun bahan ajar sastra anak ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan pemahaman apresiasi anak. Mahasiswa diharapkan memiliki sikap yang baik terhadap perkembangan teori dan hasil karya sastra anak dalam membina berbahasa dan bersastra yang baik bagi para mahasiswa sebagai calon guru.


Perkuliahan ini digunakan untuk menemukan, menalaah, dan membahas pokok-pokok mengenai konsep-konsep sastra. Pokok bahasannya meliputi: pengertian dan hakikat sastra nusantara, fungsi dan manfaat sastra nusantara, ciri-ciri dan genre sastra nusantara, tingkat apresiasi sastra nusantara, pembelajaran apresiasi sastra nusantara, pemilihan bacaan sastra, penilaian sastra nusantara. Di samping itu, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan memilih dan menyusun bahan ajar sastra nusantara ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mahasiswa diharapkan memiliki sikap yang baik terhadap perkembangan teori dan hasil karya sastra nusantara dalam membina berbahasa dan bersastra yang baik bagi para mahasiswa sebagai calon guru.